hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Sunday, 3 February 2013

SULAP BANDARA SELAPARANG MENJADI TAMAN MINI SASAMBO


Oleh : Dedet Zelthauzallam
Bandara Selaparang merupakan bandar udara yang terletak di Kota Mataram, NTB. Bandara ini mulai beroperasi tahun 1995 dan resmi ditutup pada tanggal 30 Septembar 2011 karena dialih fungsikan ke Bandara Internasional Lombok (BIL) yang terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Setelah dialih fungsikan Bandara Udara Selaparang ini masih belum tahu akan digunakan untuk apa. Banyak isu mengenai masa depan dari Bandara Selaparang ini. Ada yang mengatakan akan tetap digunakan oleh TNI-AU sebagai tempat latihan, ada juga mengatakan akan dibuat sekolah penerbangan.
Sudah satu setengah tahun Bandar Udara Selaparang tidak digunakan tetapi pemerintah belum memastikan dengan pasti untuk apa lahan bandara ini. Sekali-kali hanya terlihat pesawat TNI-AU mendarat dan pesawat-pesawat kecil yang tidak tahu maksud dan tujuannya. Seharusnya pemerintah Kota Mataram dan Pemerintah Provinsi NTB mengambil kebijakan dengan cepat untuk menetukan akan dijadikan apa lahan bandar udara ini. Hal ini perlu dilakukan agar pendapatan daerah khususnya Kota Mataram tidak menurun secara derastis.
Letak lahan yang strategis membuat banyak opsi yang bisa dibangun oleh pemerintah. Ada beberapa saran dan usul dalam memanfaatkan lahan Bandar Udara Selaparang ini agar lebih efesien, efektif dan ekonomis bagi pemerintah. Opsi yang saya tawarkan adalah membangun Taman Mini SASAMBO. Taman mini ini dimaksudkan sebagai miniatur dari Provinsi NTB yang mencangkup 3 suku yang ada yaitu Sasak, Samawa dan Mbojo.
Di dalam Taman Mini Sasambo ini terdiri dari keanekaragaman yang dimiliki NTB. Mulai dari rumah adat, pakaian adat, lagu daerah, kesenian dan lain sebagainya. Disini juga akan ada pasar kesenian yang menjual beraneka ragam khas daerah NTB. Ini akan menjadi daya tarik masyarakat baik wisatawan lokal maupun internasional. Dengan adanya taman ini maka masyarakat yang ingin mengetahui tentang NTB tidak perlu keliling jauh-jauh cukup dengan mengunjungi Taman Mini Sasambo.