hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Thursday, 21 February 2013

MENGAPA REFORMASI ITU PERLU?


Oleh :  Dedet Zelthauzallam
Reformasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau mengubah keadaan menjadi lebih baik. Menurut Prof. Ryas Rasyid reformasi adalah suatu langkah perubahan tanpa merusak atau perubahan seraya memelihara yang diperkasai oleh mereka yang memimpin suatu system. Reformasi adalah gerakan pembaharuan yang dilancarkan oleh kekuatan tertentu dilancarkan oleh kekuatan tertentu di dalam masyarakat sebagai reaksi dan atau koreksi total dan fundamental terhadap kekuasaan yang berjalan.
Reformasi ini sangat penting karena ini merupakan salah satu momentum untuk memperbaiki keadaan. Momentum ini merupakan kesempatan emas yang akan menawarkan pilihan untuk menjadi lebih baik. Suatu reformasi akan hanya sekali dan akan menjadi sebuah sejarah dalam peradaban. Reformasi berawal dari ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintah. Aktor utama reformasi bukan dilakukan oleh kalangan borjuis tetapi dilakukan oleh kalangan menengah ke bawah. Bukan oleh elite yang berkuasa tetapi oleh oposisi yang tidak puas dengan pemerintahan atau penguasa.
Reformasi tahun 1998 untuk menuntut turunnya Suharto adalah salah satu contoh reformasi di Indonesia. Dimana reformasi itu mampu menurunkan pemerintahan pohon beringginnya Suharto yang telah berkuasa selama 32 tahun. Reformasi 98 bisa membawa Indonesia keluar dari namanya orde baru menuju era reformasi. Kekuatan rakyat yang dipelopori oleh mahasiswa tidak terbendung oleh kekuatan ABRI. Setelah reformasi 1998, apakah akan muncul lagi reformasi selanjutnya?
Saat ini Indonesia sudah memasuki hampir 15 tahun pasca reformasi 1998. Meskipun reformasi ’98 banyak memberikan perubahan terhadap bangsa ini, tetapi tidak dipungkiri banyak pula masalah yang belum mampu terjawab. Hal ini memang wajar karena sebaik-baik reformasi tidak akan sempurna. Ketidaksempurnaan inilah sebagai benih untuk dijadikan sebagai momentum melaksanakan reformasi selanjutnya.
Tidak dipungkiri reformasi akan terjadi lagi di Indonesia. Mungkin reformasi selanjutnya akan lebih dari reformasi ’98. Ini disebabkan oleh keadaan yang makin tidak menentu di Indonesia. Praktek korupsi yang makin menggila, biaya hidup makin melambung tinggi, lapangan pekerjaan yang terbatas dan banyak masalah lainnya akan menjadi penyebab utama dari reformasi selanjutnya di Indonesia. Bom waktu dari kebosanan masyarakat akan berbuah reformasi di Indonesia.