hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Saturday, 4 May 2013

UPACARA BENDERA UNTUK MENINGKATKAN NASIONALISME


Oleh: Dedet Zelthauzallam
Upacara bendera merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tata upacara yang telah ditetapkan dalam undang-undang. Dengan kata lain upacara bendera adalah suatu ritual khusus untuk menghormati simbol-simbol negara, seperti: bendera, lagu kebangsaan, pahlawan dan lain sebagainya.  Lebih dari itu upacara bendera hakekatnya sebenarnya sebagai cerminan nilai-nilai budaya bangsa dan merupakan ciri khas yang membedakan dengan negara lain.
Upacara bendera yang dilakukan setiap hari Senin memiliki tujuan yang sangat mulia. Tujuannya diantaranya membiasakan bersikap tertib dan disiplin, menanamkan kekompakan dan kebersamaan, meningkatkan persatuan dan kesatuan, mengenang jasa para pahlawan, dan yang paling penting adalah meningkatkan semangat nasionalisme. Semangat nasionalisme sangat penting dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia.
Perlu diketahui bahwa upacara bendera itu telah diatur dalam Inpres Nomor 14 tahun 1981 tentang urutan upacara bendera. Ini berarti upacara bendera memiliki legalitas yang kuat. Hal tersebut perlu diperhatikan oleh semua kalangan masyarakat, lebih khususnya instansi pemerintahan.
Bagaimana Pelaksanaan Upacara Bendera Saat Ini?
Dewasa ini bisa kita katakan banyak kalangan malas melakukan upacara bendera, baik itu pegawai, siswa dan masyarakat umum. Bagi mereka upacara bendera  hal yang sangat membosankan. Ini merupakan problem yang perlu diatasi, karena melalui upacara benderalah masyarakat meningkatkan jiwa nasionalisme.
Kita juga bisa melihat pelaksanaan upacara bendera hanya bersifat seremonial belaka, tanpa memandang arti dan maknanya. Bayangkan saja banyak masyarakat main-main melaksanakan upacara bendera. Mereka apatis dan meremehkan kegiatan ini.
Banyak dari masyarakat Indonesia mungkin ada yang dalam hidupnya belum pernah melakukan upacara. Memang miris namun memang kenyataan seperti itu.
Pemerintah harus segera mengambil tindakan untuk menetapkan peraturan-peraturan untuk mewajibkan pelaksanaan upacara bendera disetiap instansi dengan serius. Kalau perlu pegawai yang tidak mengikuti upacara diberikan sangsi yang tegas, kerena menurut saya melalui upacara benderalah etos kerja para pegawai bisa ditingkatkan.
Kasus korupsi yang marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, khususnya oleh pegawai sebenarnya berawal dari oknum tersebut tidak memiliki jiwa nasonalisme. Mereka tidak peduli dan tidak mau tahu tentang bangsa ini, mereka hanya memikirkan dirinya sendiri atau dengan kata lain apatis. Upacara bendera adalah salusi sederhana untuk menyelesaikan problem keapatisan ini.
Wajibkan Upacara Bendera di Lembaga Pendidikan?
Tempat yang paling tepat untuk memperkenalkan anak bangsa ini mengenai pentingnya upacara bendera adalah di lembaga pendidikan. Saat ini bisa kita melihat ranah ini sudah mulai pudar untuk melaksanakan upacara bendera. Ada sekolah yang hanya melaksanakan upacara seadanya. Ada juga yang melaksanakan upacara satu kali dalam dua minggu ataupun ada yang tidak melaksanakan sama sekali.
Seharusnya pemerintah, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat aturan yang mewajibkan setiap lembaga pendidikan, baik itu TK, SD, SMP dan SMA serta Perguruan Tinggi untuk melaksanakan upacara bendera. Pada saat ini di Perguruan Tinggi tidak melaksanakan upacara bendera. Ini adalah hal yang memprihatinkan.
Mahasiswa seharusnya diwajibakan untuk melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin. Hal ini harus dilakukan mengingat upacara bendera memiliki nilai dan tujuan yang sangat mulia, salah satunya adalah menanamkan jiwa nasionalisme. Mahasiswa sebagai agent of change harus memiliki jiwa nasionalisme. Percuma memiliki pengetahuan yang global kalau tidak memiliki jiwa nasionalisme.
Dengan diwajibkannya mahasiswa melaksanakan upacara bendera setidaknya akan mampu meningkatkan kesadarannya tentang Indonesia. Masa depan Indonesia sangat tergantung dari pemudanya (mahasiswa). Apa jadinya bangsa Indonesia kalau para pemudanya tidak memiliki jiwa nasionalisme. Bangsa Indonesia akan hancur dan terombang-ambing.
Sekali lagi saya tekankan pemerintah harus mewajibkan pelaksanaan upacara di semua lembaga pendidikan, mulai dari tingkat TK sampai Perguruan Tinggi. Mari kita menumbuhkan semangat nasionalisme melalui upacara bendera.