hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Thursday, 16 May 2013

PILGUB NTB: INCUMBENT MENANG 1 PUTARAN


Oleh: Dedet Zelthauzallam
Pada tanggal 13 Mei 2013 masyarakat NTB sudah memberikan hak suaranya untuk memilih gubernur dan wakil gubernur NTB periode 2013-2018. Dimana ada empat pasangan yang menjadi pilihan, yaitu TGB-Amin, SJP-Johan, HaruM dan Zul-Ichsan.
Berdasarkan hasil quich count dari beberapa lembaga survei menunjukkan bahwa pasangan incumbent unggul jauh dari pasangan lainnya. Lihat saja hasil dari lembaga survei yang terpercaya, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menempatkan TGB-Amin posisi teratas dengan perolehan suara 42,98%, disusul oleh pasangan Zul-Ichsan dengan suara 26,45%, HaruM sebesar 22,67 dan posisi paling buntut SJP-Johan dengan perolehan suara 7,91%.
Dari hasil LSI tersebut bisa dikatakan bahwa incumbent menang dalam 1 putaran. Ini berarti menambah rentetan kemenangan incumbent di tahun 2013 dalam pilgub di beberapa provinsi. Tahun 2013 sangat bersahabat dengan calon petahana.
Kemenangan incumbent ini tidak terlepas dari figur atau ketokohannya. Tuan Guru Bajang (Zainul Majdi) merupakan seorang tokoh muda yang memiliki kapabilitas dan integritas yang luar biasa. Bisa dilihat bagaimana kemampuan Beliau dalam memimpin NTB selama 5 tahun. Banyak prestasi yang Beliau raih, meskipun minisnya juga ada. Tetapi bisa kita katakan bahwa NTB di bawah kepemimpinan Beliau jauh lebih baik dari pada sebelumnya.
Kesuksesan incumbent juga tidak terlepas dari pengaruh organisasi miliknya, NW. NW merupakan organisasi yang besar di NTB, khususnya di Pulau Lombok. Hal inilah yang menjadi magnet suara dari pasangan TGB-Amin sehingga mampu meraup suara lebih dari 40%.
Kemenangan TGB dalam satu putaran, meskipun belum ada pengumuman resmi dari KPU harus dihargai dan dihormati oleh cagub/cawagub lainnya. Ini merupakan suatu proses demokrasi, menang dan kalah adalah hal yang biasa. Jadi masyarakat NTB yang tidak mendukung pasangan TGB-Amin harus tetap menerima dan wajib mendukungnya dalam menjalankan periode kepemimpinannya selama 5 tahun ke depan.
  Penulis mengucapkan selamat kepada pasangan TGB-Amin atas kemengannya. Penulis berharap visi dan misi yang telah direncanakan bisa dan mampu dilaksanakan demi NTB yang lebih baik.