hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Sunday, 12 May 2013

MASYARAKAT NTB HARUS MEMILIH DENGAN BENAR


Oleh: Dedet Zelthauzallam
Tanggal 13 Mei 2013 masyarakat NTB akan memilih gubernur dan wakil gubernur untuk periode 2013-2018. Masyarakat NTB disuguhkan empat pasangan cagub/cawagub, yaitu TGB-Amin, SJP-Johan, HaruM, dan Zul-Ichsan. Ke empat pasangan calon tersebut memiliki visi dan misi yang bisa dikatakan mengarah ke satu muara, yaitu menuju NTB yang lebih baik.
Masyarakat NTB harus mencermati visi dan misi yang ditawarkan oleh cagub/cawagub. Banyak visi dan misi itu hanya sebatas pelipur lara, karena mereka hanya mau mempengaruhi pemilih dengan visi/misi yang menarik. Cagub/cawagub tersebut tidak melihat kapabilitas dari Provinsi NTB. Sebut saja visi/misi yang serba gratis.
Memang yang berbau gratis paling disukai oleh pemilih. Namun dalam pengaplikasiannya sangat sulit. Apalagi kalau kita melihat anggaran yang dimiliki oleh NTB. Jadi, masyarakat NTB tidak boleh termakan rayuan gratis. Lebih baik masyarakat NTB memilih dengan melihat integritas dan kapabilitas dari cagub/cawagub. Trech and record dari cagub/cawagub jauh lebih penting dijadikan pertimbangan dari pada hanya melihat visi/misi.
Kedewasaan masyarakat NTB akan teruji pada tanggal 13 Mei 2013. Ketika bisa dan mampu memilih dengan benar, maka bisa dikatakan bahwa masyarakat NTB sudah pandai dalam berdemokrasi. Jangan sampai masyarakat NTB memilih karena uang. Uang tersebut akan menjadi virus yang menyebabkan penyakit korupsi. Dengan masyarakat NTB mengatakan tidak pada money politic berarti masyarakat NTB sudah memiliki peran yang sangat besar dalam menciptakan good governent di NTB khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
Dengan masyarakat NTB memilih dengan benar, maka masa depan NTB untuk lima tahun ke depan akan lebih baik dari sekarang. Jadilah pemilih yang benar demi masa depan NTB.