hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Thursday, 11 July 2013

RAHASIA ORANG SINGAPURA CEPAT KAYA


Siapa yang tidak kenal dengan Negara Singapura. Negara yang berada di Asia Tenggara dan berbatasan langsung dengan Negara Indonesia. Singapura dan Indonesia sangat berbeda jauh, mulai dari luas sampai kemajuan negara. Singapura negeri yang sangat kecil, berbeda dengan Indonesia yang luas. Tetapi meskipun kecil, Singapura jauh lebih maju, dari Indonesia.
Singapura negeri yang mungil namun terkenal dengan kekayaannya. Banyak orang mungkin bertanya-tanya mengenai hal ini, darimana sumber pendapatan Singapura? Memang kita ketahui bersama bahwa Singapura memiliki letak yang strategis, sehingga membuat income negaranya meningkat. Kemajuan Singapura bisa dikatakan sangat pesat jika dibandingkan dengan negara lainnya, apalagi dengan Indonesia.
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Barclays Bank, menyatakan bahwa kekayaan warga Singapura meningkat paling cepat jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Survei ini melibatkan perorangan dengan kekayaan individu paling sedikit 1,5 juta dollar AS atau sekitar 15 Miliar rupiah. Dengan jumlah responden mencapai 2.000 orang tersebar di seluruh penjuru dunia.
Hasil yang paling menonjol adalah kekayaan warga Singapura naik lebih cepat dibandingkan dengan negara lainnya. Rata-rata warga Singapura hanya butuh waktu 10 tahun untuk bisa mendapatkan kekayaan 15 miliar rupiah. Lalu yang menjadi pertanyaan kita selanjutnya adalah bagaimana orang Singapura memenej uangnya sehingga cepat kaya.
Berdasarkan hasil survei dari Barclays Bank, ada beberapa cara warga SIngapura dalam memenej atau mengatur uangnya. Berikut pengalokasian uang warga Singapura:
1.    Tabungan dan Investasi
Tabungan dan investasi merupakan prioritas paling utama bagi warga Singapura dalam menggunakan uangnya. Bayangkan saja, sebanyak 61% kekayaan yang dimilki oleh warga Singapura dialokasikan ke hal ini.
2.    Traveling dan Amal
Dalam penelitian ini juga bisa dilihat bahwa warga Singapura menggunakan uangnya pada hal traveling dan amal. Traveling dan amal berada di posisi kedua dalam penggunaan uang. Meskipun orang Singapura dikenal sibuk, namun pasti menyempatkan diri untuk pergi bertamasya. Selain bertamasya, warga Singapura juga saangat senang menggunakan uang atau kekayaannya untuk kegiatan social. Untuk masalah traveling dan amal, warga Singapura menggunakan sekitar 16% kekayaanya.
3.    Mobil dan Perhiasan
Dalam hal mobil dan perhiasan atau barang-barang mewah lainnya, warga Singapura menggunakan sekitar 7% kekayaannya. Bisa disimpulkan bahwa warga Singapura sangat tidak tertarik dengan kemewahan. Ini sangat berbeda dengan Indonesia.
4.    Obsesi
Dari survey ini juga mengungkapkan bahwa cita-cita warga Singapura dengan harta mereka. Disini sangat mengejutkan, karena lantaran warga Singapura sangat terobsesi menggunakan uangnya untuk melakukan hal-hal yang bisa bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. Mereka punya cita-cita untuk memberikan 50% kekayaannya untuk lembaga amal dan 13% diwariskan kepada keturunannya. Darisinilah bisa dilihat bagaimana perbedaan pemakain uang orang Singapura dengan Indonesia.
Pelajaran untuk Indonesia
Dari hasil survei di atas, warga Indonesia seharusnya belajar dari warga Singapura dalam hal penggunaan uang. Memenej uang itu sangatlah penting. Bisa dibayangkan saja warga Singapura sangat mengedepankan penggunaan uang untuk berinvestasi dan menabung. Sangat berbeda jauh dengan budaya warga Indonesia yang sangat tidak senang menggunakan uangnya dalam hal menabung dan berinvestasi.
 Pengalokasian uang warga Singapura untuk hal amal dan kegiatan social bisa sebagai pelajaran bagi warga Indonesia. Ini membuktikan bahwa uang yang digunakan untuk beramal tidaklah membuat uang kita makin sedikit, tetapi malah makin banyak. Ini sesuai dengan ajaran agama Islam yang sangat mengajurkan umatnya untuk beramal.
Jadi bisa disimpulkan bahwa Singapura jauh lebih baik dari Indonesia. Indonesia harus malu dari Singapura, sehingga bangsa kita akan jauh lebih baik dan maju dari Singapura.