hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Tuesday, 29 January 2013

MENUNGGU KIPRAH TUAN GURU MENUJU KURSI NTB-1


Oleh: Dedet Zelthauzallam
Provinsi NTB yang salah satu pulaunya yaitu Pulau Lombok dikenal dengan nama pulau seribu masjid. Nama ini sangat populer di telinga masyarakat umum.  Di NTB itu selain banyak masjid juga banyak pondok pesantren yang dipimpin oleh alim ulama atau disebut Tuan Guru. Tuan Guru ini memiliki peran sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Masyarakat juga banyak melakukan ziarah ke tuan guru ini untuk menambah wawasan tentang agama.
Sebagaimana di provinsi lain, disini juga tidak lepas dari namanya politik. Tetapi politik di NTB ini memiliki perbedaan yang lumayan unik dengan daerah lain. Di NTB Tuan Guru merupakan suatu magnet bagi partai politik dalam menggalang suara. Sangat berbeda dengan daerah lainnya yang menjadikan artis sebagai mesin politiknya. Tuan Guru di NTB bisa diibaratkan seperti artis daerah lain. Hal ini bisa kita lihat dari bagaimana dalam setiap pemilihan umum baik tingkat daerah kabupaten/kota, provinsi ataupun pusat Tuan Guru sebagai salah satu tokoh yang didekati partai politik untuk mendapatkan suara masyarakat.
Gubernur NTB saat ini adalah seorang Tuan Guru yang bernama TGH. Zainul Majdi. Beliau merupakan anak dari Almarhum Tuan Guru Pancor atau Tuan Guru Kiyai Haji Muhammad Zainuddin bin Haji Abdul Madjid yang sangat terkenal. Bapak Beliau sebagai pioner pondok pesantren Nahdatul Wathan (NW) yang menyebar di seluruh pelosok Pulau Lombok. Kepopuleran bapaknya membuat  beliau bisa menduduki kursi NTB-1.
Menuju pemilihan Gubernur NTB untuk periode 2013-2018 sudah banyak muncul nama-nama yang berlatar Tuan Guru. Sudah diduga, partai politik yang ada di NTB akan menggunakan  Tuan Guru sebagai alat politiknya dalam memenagkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2013 ini. Kita tunggu saja apakah untuk pemilu 2014 Tuan Guru akan kembali menduduki kursi NTB-1 atau NTB-2. Itu semua tergantung dari masyarakat apakah masih akan memberikan amanah masa depan NTB ke Tuan Guru atau tidak.
Siapa pun yang terpilih semoga NTB lebih baik dan terus maju sehingga mampu bersaing dengan daerah lain.