hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Monday, 28 January 2013

2014: 240 JUTA JIWA, 10 PILIHAN


Oleh : Dedet Zelthauzallam
 Vertifikasi partai politik untuk pemilu 2014 telah diumumkan. Hasilnya 13 partai lulus dan berhak mengikuti pesta demokrasi. Hanya 10 partai nasional yang masih tersisa yang bisa bertahan dalam pemilu 2014 dan sisanya 3 partai lokal Aceh. Ini berarti sebuah kemajuan yang sangat bagus bagi perkembangan politik di Indonesia. Apabila kita bandingkan dengan pemilu 2009 maka jumlah partai peserta pemilu 2014 jauh lebih sedikit.
Pengumuman hasil vertifikasi KPU ini menunai pro dan kontra.   Mereka yang pro ini beranggapan bahwa dengan makin sedikitnya parpol yang ada di senayan maka akan makin mudah dalam menyatukan persepsi dan tidak akan berbelit-belit dalam menentukan kebijakan. Sedangkan yang kontra beranggapan bahwa sedikitnya partai politik akan menyebabkan aspirasi masyarakat tidak akan bisa tersalur seluruhnya.
Dari 10 partai nasional yang lulus vertifikasi, ada satu nama partai politik yang baru pertama akan mengikuti pemilu yaitu Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Banyak masyarakat yang menunggu kiprah dari Partai Nasdem ini, karena hanya partai inilah menjadi harapan terbaru masyarakat untuk membawa perubahan. Sedangkan 9 partai politik lainnya tidak asing bagi bagi masyarakat. Parpol tersebut antara lain PD, Golkar, PDIP, PAN, Gerindra, Hanura, PKB, PPP dan PKS.
Penduduk Indonesia yang jumlahnya kurang lebih 240 juta jiwa harus bisa dan mampu memilih dari 10 partai politik yang lulus vertifikasi. Ini akan menjadi ajang pembuktian bagi masyarakat Indonesia apakah sudah bisa  dewasa dalam memilih atau belum. Pemilu 2014 ini akan memberikan sebuah harapan baru bagi bangsa ini. Harapan untuk menjadi lebih baik demi mencapai tujuan bangsa Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945 alenia 4.