hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Sunday, 20 October 2013

PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF


Dalam meneliti, pasti kita akan menemukan kata kuantitatif dan kualitatif. Pastinya kita akan memilih satu diantara keduanya untuk dijadikan sebagai metode penelitian kita, baik untuk menyusun laporan akhir, skripsi, tesis dan lainnya. Meskipun dua pilihan tetapi kita sering bingung dan sulit menetukan mana yang akan kita pilih.
Untuk kita sama-sama memahami metode ini, maka kita akan pahami terlebih dahulu pengertian dari kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang bercirikan angka dan analisanya menggunakan statistik. Sedangkan, untuk penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang analisanya berbentuk kalimat.
Metode kuantitatif sering disebut sebagai metode tradisional, sedangkan kualitatif disebut metode baru. Ini berarti metode penelitian kuantitatif lebih dahulu ada dari pada kualitatif.
Untuk lebih kita memahami tentang metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, maka ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, yaitu perbedaan aksioma, perbedaan dalam proses penelitian dan perbedaan dalam karakteristik penelitiannya.
Dari aksioma atau pandangan dasarnya, maka metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif sangat berbeda. Misalnya dari segi variabelnya, kuantitatif berupa hubungan sebab akibat, sedangkan kualitatif lebih ke hubungan interaktif/timbal balik. Inilah salah satu perbedaan dalam hal aksioma.