hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Friday, 25 October 2013

BERSUMPAH MELAWAN KORUPSI

Oleh: Dedet Zelthauzallam
Pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Di tahun inilah, cikal bakal dari bangsa Indonesia mulai kelihatan . Dikatakan demikian karena pada momen inilah, pemuda Indonesia membuat suatu kesepakatan dengan mengakui bahwa kita itu bertumpah darah satu Indonesia, berbangsa satu Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.
Momen sumpah pemuda memang sudah berlagsung 85 tahun yang lalu. Namun, semangat dan komitmen para pemuda pada masa itu harus tetap dikobarkan. Apalagi dengan keadaan bangsa yang semakin terpuruk dengan berbagai masalah yang komleks. Seharusnya kita sebagai pemuda Indonesia bisa mengaplikasikan cita-cita para pemuda 1928 yang begitu besar dan  mulia untuk bangsa ini.
Tema peringatan sumpah pemuda yang ke-85 ini adalah “Dengan Sumpah Pemuda, Kita Wujudkan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif dan Berprestasi”. Dari tema ini bisa kita katakan bahwa melalui peringatan sumpah pemuda ini, kita sebagai pemuda Indonesia yang dikatakan sebagai agent of change harus bersikap santun, cerdas, inspratif dan berprestasi. Apakah kita bisa melakukan hal itu? Pastinya kita bisa, ketika kita punya kemauan dan komitmen untuk berubah.
Sebelumnya mungkin kita perlu mendefinisikan arti dari pemuda itu, supaya kita bisa memahami dengan jelas makna dari sumpah pemuda ini. Kalau melihat definisi dari kata pemuda di KBBI, maka yang disebut pemuda adalah orang yang usianya muda dan berjenis kelamin laki-laki. Tetapi di dalam tulisan ini, yang saya maksud pemuda adalah seluruh warga negara Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan. Jadi, kalau penduduk Indonesia saat ini berjumlah 240 juta jiwa, maka semuanya adalah kita sebut sebagai pemuda.
Di era saat ini, bisa  dikatakan bahwa pemuda Indonesia memiliki suatu beban yang sangat berat. Dimana banyak masalah bangsa ini yang harus diselesaikan, mulai dari kemiskinan, konflik horizontal, krisis global dan lebih khusus masalah korupsi. Bisa kita lihat bersama, bagaimana korupsi di negeri ini menjamur ke semua kalangan. Dari atas sampai ke bawah semua terkena penyakit yang namanya korupsi.
Korupsi inilah yang menjadi musuh utama dari para pemuda bangsa Indonesia. Korupsi membuat sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi hancur. Banyak dampak yang ditimbulkan oleh yang namanya korupsi ini.
Melalui momen sumpah pemuda inilah, kita sebagai pemuda bangsa ini harus mengatakan lawan dan musnahkan korupsi. Dengan kita menjadi pemuda yang bersikap santun, sesuai dengan tema, maka saya yakin dan percaya, kita tidak akan mau namanya korupsi. Orang yang santun tidak akan bisa mengambil hak orang lain, orang yang santun tahu mana haknya dan mana hak orang lain.
Melalui sumpah pemuda ini kita juga harus menjadi pemuda yang berpikir cerdas. Cerdas dalam artian kita harus bisa memfilterisasi semua problem yang kita lihat. Masalah yang baik kita ambil, sedangkan contoh yang jelek harus kita buang jauh-jauh. Sebagai contoh, kita melihat bagaimana oknum di negeri ini korupsi, maka kita sebagai pemuda harus mengambil pelajaran supaya tidak terjebak dalam korupsi.  
   Inilah yang harus kita lakukan sebagai pemuda, ketika kita sudah santun dan cerdas, maka pikiran kita akan memiliki banyak inspirasi sehingga kita bisa berprestasi dengan maksimal untuk bangsa ini. Jadi, intinya adalah kita sebagai pemuda bangsa Indonesia harus bisa santun dalam bersikap, cerdas dalam melihat masalah serta memiliki banyak insiprasi untuk meraih prestasi yang maksimal.
Dalam peringatan sumpah pemuda yang ke-85 ini, pemuda Indonesia harus bangkit dalam mengejar keterpurukan. Indonesia adalah negara yang kaya, bukan katanya, tetapi ini fakta. Kita harus bisa memanfaatkan kekayaan alam kita dengan sebaik mungkin, sehingga apa yang menjadi cita-cita bangsa ini bisa tercapai. Semua itu bisa ketika kita mau bekerja dengan penuh tanggung jawab dan menghindari yang namanya korupsi.
Pemuda Indonesia saatnya mengucapkan sumpah untuk sama-sama melawan dan memberantas yang namanya korupsi. Itulah sumpah yang saya kira paling tepat dalam memperingati sumpah pemuda yang ke-85 ini. Jangan sampai bangsa ini terus menerus dihadapkan dengan korupsi. Kita harus bisa meminimalkan sampai menghilangkan yang namanya korupsi.  

 Kalau kita pemuda Indonesia sama-sama mau bersumpah, maka pasti korupsi akan hilang di negeri ini. Para pemuda tahun 1928 bisa mengusir para penjajah yang sudah 3 abad lebih menjajah bangsa kita karena ada sebuah komitmen bersama. Inilah saatnya kita mengikuti dan belajar dari mereka untuk melawan para koruptor.