hidup

  • Indonesia.
  • Perkampungan Sasak.
  • Kantor Gubernur.
  • Sukarno.
  • Lombok.

Thursday, 28 March 2013

PILGUB 2013: MILIKNYA INCUMBENT, NTB?


Oleh : Dedet Zelthauzallam
Pada awal tahun 2013, ada beberapa pemilihan gubernur yang dilakukan. Dibalik pilgub itu ada hal-hal yang menarik perhatian. Baik dilihat dari segi calon, partai pengusung, kegiatan kampanye, partisipasi masyarakat (golput) ataupun sampai pemenang pilgub. Misalnya, Pilgub Jabar didominasi oleh para artis sebagai cagub/cawagubnya. Pokoknya banyak hal yang menarik dari pesta demokrasi terbesar di daerah ini.
Kalau dilihat dari segi pemenang pilgub di awal tahun 2013 ini, pemenangnya didominasi oleh calon petahana (incumbent). Incumbent bisa dikatakan sangat hoki di awal tahun ini. Hebatnya lagi, incumbent selalu bisa menang dalam 1 putaran saja. Berarti calon incumbent ini meraih suara lebih dari 30%. Luar biasa memang calon incumbent di awal tahun ini.
 Pilgub yang dilaksanakan di awal tahun ini yang memenangkan incumbent, antara lain:
1.    Pilgub Sulawesi Selatan
2.    Pilgub Jawa Barat
3.    Pilgub Sumatera Utara
Dari ketiga pilgub tersebut, sang incumbent menang dalam satu putaran. Pilgub Sulsel dimenangkan oleh Pak Yasin Limpo, Jabar dimenangkan oleh Pak Ahmad Heryawan dan Sumut dimenangkan oleh Pak Gatot.
Bagaimana dengan Pilgub NTB?
Pilgub NTB akan dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2013. Ada empat pasangan calon yang akan bertarung, salah satunya adalah calon incumbent, DR. KH. M. Zainul Madjdi, MA alias Tuan Guru Bajang. Sang incumbent diusung oleh tujuh partai besar, yaitu Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP, PKB, PAN, PDI Perjuangan, dan Partai Gerindra.
Dengan melihat partai pengusung sang incumbent, maka bisa diprediksikan bahwa TGB akan memenangkan Pilgub NTB 2013. Ditambah lagi dengan kepopuleran TGB di NTB sebagai seorang ulama yang cerdas dan memiliki kapabalitas, kredibelitas dan integritas.
Akankah Pilgub NTB menambah rentetan panjang dari kesuksesan calon incumbent di awal tahun 2013? Kita tunggu saja jawaban dari masyarakat NTB pada tanggal 13 Mei 2013. Kalau calon incumbent pada Pilgub NTB bisa menang, berarti bisa dikatakan bahwa 2013 adalah tahunnya incumbent.