TUGAS PELAYANAN PUBLIK
·
Contoh Masalah Pelayanan Publik dalam proses “PEMBUATAN KARTU KELUARGA”
Masalah
pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur pemerintahan menjadi keluhan utama
masyarakat. Ini disebabkan karena dalam proses pelayanan sering kali tidak
sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Padahal standar pelayanan minimal
(SPM) dalam setiap instansi pemerintahan pasti ada. Inilah permasalahan dari
implementasi penyelenggara pemerintahan.
Hal-hal
yang sering dikeluhkan masyarakat terhadap proses pelayanan publik, khususnya
mengenai masalah pembuatan kartu keluarga, adalah sebagai berikut:
1. Terjadinya
Diskriminasi dalam Memberikan Pelayanan
Ini
memang bukan rahasia lagi, karena hal ini sudah biasa dan sering terjadi di
lapangan. Banyak masyarakat sudah menjadi korban dari adanya diskriminasi dalam
pelayanan publik. Diskriminasi ini bisa menyangkut hubungan kekerabatan,
pertemanan, keluarga, etnis, status sosial dan lain sebagainya.
Bisa
dilihat bagaimana seorang aparatur pemrintahan masih padang bulu dalam
memberikan pelayanan. Misalnya, dalam memberikan pelayanan dalam pembuatan KK
akan berbeda sikap dan tata cara aparatur pemerintahan menerima orang berdasi
dengan orang tidak berdasi. Kalau kepada orang berdasi biasanya para petugas
sangat ramah, tetapi kalau orang biasa raut mukanya bisa berubah 180 derajat.
2. Sering
Terjadinya Pungli
Dalam
memberikan pelayanan publik biasanya para petugas menawarkan dua cara kepada
masyarakat, yaitu cara cepat dan lambat. Cara cepat inilah yang kita maksud
sebagai proses pungli. Biasanya cara cepat ini membutuhkan biaya yang tinggi. Dalam
hal ini yang menjadi korban adalah masyarakat yang tidak memiliki uang atau masyarakat
miskin.
Dalam
pembuatan KK biasanya pungli sering dilakukan. Dengan beribu alasan para
petugas menyatakan proses pembuatan KK membutuhkan waktu yang lama. Padahal pembuatan
KK hanya membutuhan berapa jam saja.
3. Tidak
Adanya Kepastian
Dalam
memberikan pelayanan publik juga, instansi pemerintahan biasanya tidak
memberikan kepastian, baik itu dari waktu dan biaya yang dibutuhkan. Dengan
ketidak ada pastian inilah maka aparat pemerintah sering melakukan KKN. Ini
merupakan peluang bagi aparatur pemerintahan untuk meningkatkan income dengan cara tidak baik.
Dalam
pembuatan KK biasanya petugas meminta uang supaya waktu penyelesaiannya cepat.
Inilah potret dari pelayanan publik di negeri ini.
Tiga
masalah di ataslah yang menjadi inti dari keluhan masyarakat dalam proses
pelayanan. Tidak hanya terjadi pada proses pebuatan KK, tetapi ini terjadi di
semua proses pelayanan public lainnya.
·
Solusi Masalah Pelayanan Publik
Dalam
memperbaiki pelayanan publik kepada masyarakat, pemerintah harus segera bisa
mengubah paradigma para aparatur dari mau dilayani menjadi pelayan, karena
fungsi utama dari pemerintahan adalah memberikan pelayanan. Fungsi pelayanan
inilah yang sering dilupakan oleh para birokrat.
Hal-hal
yang harus dilakukan untuk memperbaiki pelayanan publik, khususnya pembuatan
KK, diantaranya:
1. Memperbaiki
Sistem Rekrutmen
Sistem
rekrutmen sangat penting, karena inilah awal dari adanya aparatur pemerintahan.
Seleksi aparatur pemerintahan harus diperketat lagi dan tesnya harus
diperbaiki, sehingga mampu menghasilkan pegawai yang professional.
2. Memberikan
Sangsi yang Tegas
Dalam
proses pelayanan sering kali petugas tidak melakukan apa yang sudah diatur
dalam aturan, sehingga masyarakat tidak mendapatkan kepuasan. Petugas yang
sering melanggar harus diberikan sangsi yang tegas, kalau perlu dipecat. Dengan adanya sangsi
yang tegas ini diharapkan para aparatur pemerintahan tidak berani melakukan
tindakan yang melanggar aturan.
3. Mempermudah
Proses
Proses
pembuatan KK yang bisa dikatakan berbelit-belit sering mengundang untuk
terjadinya pungli. Jadi dalam pembuatan KK harus disederhanakan, supaya
masyarakat senang mengurus dan membuat KK.
4. Pelatihan
dan Pendidikan Berkala
Pemerintah juga harus
melakukan pendidikan dan pelatihan secara berkala bagi aparatur pemerintahan,
sehingga memiliki kapabilitas dan profesionalitas tinggi dalam melayani
masyarakat.
Solusi antrian dengan mesin antrian komputer dan android menggunakan tombol dan touchscreen seperti di BANK, PUSKESMAS, RUMAH SAKIT, PELAYANAN PAJAK,TOKO,dan lain" dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau
ReplyDeleterekavisitama.net
klik> mesin antrian
Klik> mesin antrian bank
Klik> mesin antrian android
Klik> mesin antrian puskesmas
Klik> mesin antrian jakarta
Klik> mesin antrian touchscreen
Klik> mesin antrian pajak
jadi solusinya apa jika kita dipersulit bukan malah membantu masyarakatnya.... harus mengadu kemana padahal hak kita
ReplyDeleteArtikel yang sangat bagus sekali, bermanfaat dan menambah wawasan. Untuk keperluan pelayanan ada mesin yang sangat penting, mesin yang akan di produksi massal, mesin fenomenal dan viral di masa sekarang dan masa depan yaitu : klik di bawah ini ...
ReplyDeleteMESIN ANTRIAN
Pabrik mesin antrian terraguno, handal dan terpercaya.